9 Bagian Setda Yogyakarta belajar bersama Pemkab Bogor

Bogor - Jumat, 12 Agustus 2022 sekitar pukul 8 pagi, rombongan 9 Bagian Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta disambut oleh PLH Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Bogor. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka studi tiru ke Pemerintah Kabupaten Bogor guna meningkatkan kinerja kesembilan Bagian Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta terutama pada pengelolaan keuangan dan pengelolaan barang.

Kunjungan kerja hari ini diawali dengan selayang pandang mengenai Kabupaten Bogor dan perkenalan keduabelas bagian beserta pengelola keuangan dan pengelola barang, sebagai perwakilan tiap bagian, yang ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor. Kemudian, Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan, Bapak Sukadarisman, selaku ketua rombongan menerima sambutan serta memperkenalkan Kota Yogyakarta beserta para perwakilan yang hadir pada kunjungan kerja hari ini.

Pembahasan pertama pada kunjungan kerja kali ini dibuka dengan pertanyaan mengenai pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor menggunakan 2 sistem informasi pengelolaan keuangan, yaitu SIMRAL, produk dari Pemerintah Kabupaten Bogor, dan SIPD , produk dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Pemerintah Kota Yogyakarta juga menggunakan 2 sistem informasi pengelolaan keuangan, yaitu SIPKD, produk dari Pemerintah Kota Yogyakarta, dan SIPD. Baik Pemerintah Kabupaten Bogor ataupun Pemerintah Kota Yogyakarta mengalami kendala ketika menggunakan 2 sistem informasi keuangan. Melalui penyampaian kendala ini, pintu diskusi mulai terbuka. Tanya jawab yang asyik kemudian terjadi setelahnya.

Setelah selesai pembahasan yang seru melalui diskusi, belajar bersama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Bogor pun dicukupkan. Melalui kunjungan kerja kali ini, diharapkan bisa mempererat hubungan antara kedua pemerintah daerah serta mampu meningkatkan kinerja di kedua instansi daerah ini.