Bangun Kota Kurangi Sampah

Kota Yogyakarta - Rapat koordinasi diadakan oleh 9 bagian pemerintah Kota Yogyakarta pada Rabu,15 Maret 2023, untuk membahas peran Sekretaris Daerah (Sekda) dalam pembangunan kota serta program pengurangan sampah di tahun 2023.

Dalam rapat tersebut, disepakati bahwa Sekda harus menyadari bahwa tugasnya juga merupakan bentuk Dinas, dan ia sebagai kepala dinas, sedangkan kepala bagian hanya sebagai kepala bidang. 9 bagian ini juga diminta untuk melibatkan Sekda sebagai penanggung jawab dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaporkan kegiatan yang dilaksanakan.

Selain itu, Kota Yogyakarta juga mengalami penurunan 45 ton sampah per hari dengan mengurangi penggunaan sampah plastik baik di instansi pendidikan maupun edukasi pengusaha. Program ini diharapkan bisa mengurangi jumlah sampah yang dikeluarkan di kota ini.

Untuk lebih meningkatkan pengurangan sampah di Kota Yogyakarta, rencananya akan dikembangkan Bank Sampah khusus dan Pengolahan sampah di tahun 2023 dengan menggunakan teknologi Biopori Jumbo. Hal ini menjadi fokus utama dalam program pengurangan sampah Kota Yogyakarta di tahun mendatang.

Rapat ini menjadi langkah awal dalam memperbaiki kinerja pemerintah Kota Yogyakarta dalam membangun kota yang lebih baik dan berkelanjutan.