Pegawai Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta Menyegarkan Kembali Pengetahuan mereka untuk Pengelolaan yang Lebih Baik

Pada Rabu, 21 Juni 2023, Ballroom Antares Lantai 3, Hotel Royal Darmo menjadi saksi digelarnya Bimbingan Teknis (Bimtek) yang membawa wawasan baru dalam pengelolaan keuangan daerah. Acara ini diselenggarakan oleh Bagian Administrasi dan Keuangan dengan tujuan memperkuat kemampuan pegawai di bidang pengadministrasian keuangan, seperti bendahara, perencanaan, pengelola aset, dan pembuatan dokumen.

Bimtek tersebut dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu RR. Sutini Sri Lestari, S.H., M.Si, Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan, yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dari narasumber pertama yaitu KPP Pratama Yogyakarta. Dalam paparannya, KPP Pratama membawakan topik PMK NOMOR 59/PMK.03/2022 tentang Perubahan atas PMK-231/PMK.03/2019, yang membahas tentang tata cara pendaftaran dan penghapusan NPWP, pengukuhan dan pencabutan pengukuhan PKP, serta pemotongan, pemungutan, penyetoran, dan pelaporan pajak bagi instansi pemerintah. Sesuai dengan semangat interaktif dan antusiasme peserta, sesi tanya jawab di sesi pertama berjalan dengan sukses, mengatasi kesulitan dan permasalahan terkait pengelolaan pajak pada kegiatan mereka.

Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan paparan dari BPKAD Kota Yogyakarta yang Kembali me-Refresh pengetahuan pegawai-pegawai keuangan sekretariat daerah dengan membawakan topik pengelolaan keuangan daerah. Di akhir sesi kedua dibuka sesi pertanyaan dan pemberian saran kepada BPKAD Yogyakarta. Pada pertengahan sesi 2 dan ke-3 Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, M.M. selaku Setda Kota Yogyakarta hadir ditengah-tengah peserta, beliau memberikan sambutan dan pesan kepada peserta bimtek yang terangkum menjadi beberapa poin penting yaitu Kekompakan, Satu Frekuensi, dan "Pener" di antara bagian Sekretariat Daerah, Standarisasi Harga, serta Evaluasi Permasalahan sebagai acuan perencanaan kegiatan.

Sesi terakhir menjadi penutup yang menarik dengan pemaparan dari BPKP mengenai siklus pengelolaan keuangan daerah. Meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, akuntansi dan pelaporan, pertanggungjawaban pelaksanaan, serta pembinaan dan pengawasan. Acara Bimtek ditutup dengan penuh semangat melalui pelaksanaan Tes CAT oleh para peserta, yang kemudian disusul dengan hidangan makan siang yang lezat.