Merangkai Sinergitas di Ngestilaras

Pada 16 Januari 2024 di Ngestilaras,Kecamatan Pakem,Kabupate Sleman, diadakan pertemuan Di Ngestilaras yang dipimpin oleh Bapak Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Pertemuan tersebut dihadiri oleh Jajaran Asisten Sekretaris Daerah, Jajaran Staff Ahli,para Kepala Bagian dan para PPTK se-Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta. Acara diawali dengan pembukaan oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Bapak Ir. Aman Yuriadijaya, M.M dan Dilanjutkan  paparan oleh masing-masing bagian terkait capaian kinerja dan inovasi yang telah dilakukan serta rencana ke depannya.

Paparan Pertama diawali oleh Kepala Bagian Bagian Umum dan Protokol, Ibu Endah Dwi Dinyastuti, S.E.,M.M., menyampaikan bahwa target capaian kinerja untuk tahun 2024 berhasil mencapai 81,3%, dengan peningkatan sebesar 0,05%. Salah satu inovasi yang diperkenalkan adalah penggunaan aplikasi untuk sistem penerimaan tamu, dengan harapan mempermudah proses kunjungan kerja.

Kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bagian Admininstrasi Pembangunan, Ibu Umi Akhsanti, M.T. yang menyoroti kebijakan harga satuan pekerjaan, pembentukan tim monitoring, dan Rencana Operasi Pelaksanaan Subkegiatan (ROPK) sebagai inovasi yang telah dilakukan.

Pada Bagian Kesejahteraan Rakyat,Ibu Retnaningtyas, S.STP., M.I.P.,Menyampaikan Bagian Kesra mengalami kendala dalam pembiayaan kegiatan sosial sehingga mereka berupaya mencari bantuan dari lembaga CSR dan Dinsos.

Dilanjutkan dengan Kepala Bagian Tata Pemerintahan,Bapak Subarjilan, S.I.P., M.Si., yang memberikan fasilitas pengolahan sampah dan berfokus pada peningkatan status kinerja penyelenggaraan pemda. Mereka juga menghadirkan SI KEREN dan aplikasi pendukung penyelenggaraan lomba antar wilayah.

Selanjutnya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa,Bapak Joko Budi Prasetyo, S.T., M.M., Menyampaikan pembuatan aplikasi SiAP untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengadaan. Meskipun masih mengalami kendala koordinasi dalam penanggulangan sampah.

Pada Kepala Bagian Organisasi, Ibu Ristyawati, S.T., M.Eng., Mereka menyoroti upaya kelembagaan dalam menangani masalah persampahan. Mereka mengoptimalkan SDM PNS dengan regrouping kelembagaan dan melakukan evaluasi anjab.

Dilanjutkan dengan Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Daerah,Ibu Raden Roro Andarini, S.E., M.Si., Yang berfokus pada optimalisasi pengelolaan sampah melalui kerjasama dengan berbagai lembaga, serta upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kemudian dilanjukan oleh Kepala Bagian Hukum , Ibu Rihari Wulandari, S.H., M.H., Yang berinovasi dengan meningkatkan proses pengajuan SK, Perwal, dan Perda menggunakan teknologi terkini.

Pemaparan diakhiri dengan paparan Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan, Ibu Raden Rara Sutini Sri Lestari, S.H., M.Si.  yang menciptakan inovasi SIMBA sebagai penunjang integrasi aplikasi yang sudah ada, dan nantinya akan fokus pada konsolidasi pengadaan barang dan jasa

Setelah paparan, dilanjutkan dengan tanggapan dari Bapak Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan,Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, serta tambahan dari Asisten Administrasi Umum,dan Jajaran Staff Ahli, Mereka memberikan arahan dan tanggapan terhadap capaian kinerja serta memberikan saran untuk perbaikan di berbagai bidang.Pak Sekda menegaskan pentingnya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mengatasi rasionalisasi anggaran dan memberikan dorongan positif terhadap Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Pemkot Yogyakarta.

Dalam pertemuan ini, berbagai isu strategis seperti pengelolaan sampah, peningkatan PAD, dan pembangunan ekonomi kreatif dibahas secara mendalam. Pak Sekda juga menekankan pentingnya koordinasi antarbagian dan pemantauan terhadap lapangan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan.Pertemuan ditutup dengan harapan dari Pak Sekda bahwa Sekretariat Daerah dapat memberikan kontribusi yang kuat dalam membangun Kota Yogyakarta sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.